Penindakan Vertigo secara Mandiri yang Berarti buat Diketahui

Vertigo dapat kambuh kapan saja, baik dikala beraktifitas ataupun apalagi istirahat. Oleh sebab itu, berarti buat mengenali penindakan vertigo secara mandiri, sehingga indikasi vertigo yang dirasakan dapat lekas mereda serta Kamu juga bisa kembali melanjutkan kegiatan.

Vertigo dapat timbul secara tiba- tiba serta terjalin cuma sesekali, namun pula dapat kerap kambuh. Tidak hanya memunculkan sensasi pusing serta mual, vertigo pula dapat menimbulkan nistagmus ataupun pergerakan mata yang tidak terkontrol.

Pemicu vertigo dapat beragam, misalnya kelainan pada sistem pengatur penyeimbang badan di kuping bagian dalam( vertigo perifer) ataupun kendala pada otak kecil yang berperan buat mengendalikan koordinasi badan( vertigo sentral).

Pada permasalahan tertentu, vertigo pula dapat timbul akibat penyakit tertentu, semacam Beningn Paroxysmal Positional Vertigo( BPPV), penyakit Meniere, stroke, serta neuroma akustik.

Vertigo ringan yang terjalin sesekali biasanya dapat ditangani dengan sebagian langkah penindakan vertigo secara mandiri di rumah. Tetapi, bila vertigo kerap kambuh ataupun diakibatkan oleh penyakit tertentu, dibutuhkan penindakan langsung oleh dokter.

Bermacam Metode Menanggulangi Vertigo secara Mandiri dr laser

Kambuhnya vertigo, paling utama yang terjalin secara tiba- tiba, dapat membuat Kamu takut ataupun apalagi panik. Buat menanggulangi keluhan vertigo tersebut, terdapat sebagian metode ataupun panduan yang dapat dicoba, di antara lain:

Usahakan buat senantiasa tenang.

Lekas duduk serta pejamkan mata, apabila indikasi vertigo timbul dikala lagi berdiri.

Jauhi tiduran miring dengan bertumpu pada sisi kepala yang hadapi vertigo.

Tidur dengan posisi kepala sedikit terangkat ataupun lebih besar.

Cukupi konsumsi cairan dengan minum air putih.

Pakai penerangan dikala terbangun di malam hari.

Buat menghindari vertigo kambuh, Kamu pula dapat berupaya sebagian panduan berikut ini:

Jauhi sangat kilat berdiri dikala bangun tidur sebab bisa merangsang kambuhnya vertigo. Biasakan duduk sejenak saat sebelum beranjak dari kasur sehabis bangun tidur.

Gerakkan kepala secara lama- lama serta hati- hati dikala beraktifitas.

Jauhi berolahraga yang membutuhkan gerakan kilat, semacam basket serta sepak bola.

Hentikan kerutinan merokok serta batasi mengkonsumsi minuman beralkohol.

Mengurangi konsumsi garam serta santapan berlemak.

Kecilkan volume suara ataupun musik dikala memakai earphone.

Sebagian Latihan buat Menanggulangi Keluhan Vertigo

Dikala vertigo kambuh, cobalah buat tidak panik serta lekas duduk ataupun tiduran, kemudian pejamkan mata. Tidak hanya itu, Kamu pula dapat melaksanakan sebagian gerakan ataupun manuver berikut buat menanggulangi indikasi vertigo secara mandiri di rumah:

Manuver Epley

Berikut ini merupakan langkah- langkah buat melaksanakan gerakan ataupun manuver Epley:

Ambil posisi duduk di tempat tidur serta miringkan kepala sampai 45 derajat ke sisi yang hadapi vertigo( bagian kanan ataupun kiri).

Posisikan bantal buat menopang punggung atas, sehingga posisi kepala sedikit menengadah dikala Kamu tiduran.

Gerakkan tubuh secara hati- hati buat tiduran di tempat tidur dengan kepala masih dalam posisi miring 45 derajat. Pertahankan posisi sepanjang 30–60 detik sampai pusing mereda.

Dalam kondisi tiduran, arahkan kepala 90 derajat ke arah bertentangan serta tahan posisi ini sepanjang 30–60 detik sampai pusing mereda.

Sembari senantiasa mempertahankan posisi kepala, posisikan badan menghadap ke sisi kepala yang miring.

Bila pusing telah terasa menurun, Kamu dapat kembali duduk secara lambat- laun.

Tidak hanya buat menanggulangi indikasi vertigo, manuver Epley pula dapat dicoba buat menghindari kambuhnya vertigo.

Half Somersault ataupun Foster Maneuver

Kamu dapat melaksanakan gerakan half sommersault dengan langkah- langkah berikut ini:

Ambil posisi berlutut serta tatap langit- langit sepanjang sebagian detik.

Bungkukkan tubuh sampai dahi memegang lantai serta menghadap kedua lutut sehingga menyamai posisi bersujud. Pertahankan posisi ini sepanjang kurang lebih 30 detik.

Masih dalam posisi yang sama, miringkan kepala 45 derajat ke sisi yang hadapi vertigo. Misalnya, bila pusing berbalik ke arah kiri, posisikan kepala Kamu ke sebelah kiri. Pertahankan sepanjang 30 detik.

Angkat kepala dengan kilat sampai sejajar dengan punggung, sebaliknya lutut serta kedua tangan memegang lantai. Pertahankan kepala pada kemiringan 45 derajat sepanjang 30 detik.

Baca Juga : Bersepeda dengan Aman di Dekat Mobil

Tegakkan kepala sembari miring ke sisi yang terserang vertigo serta cobalah berdiri secara lambat- laun.

Bila indikasi vertigo masih terasa, ulangi gerakan tersebut dengan jarak waktu 15 menit.

Bila Kamu kesusahan menjajaki gerakan- gerakan di atas, Kamu bisa menekuni manuver Epley ataupun manuver Foster lewat video bimbingan di internet.

Vertigo ringan yang kambuh sesekali bisa jadi dapat diatasi secara mandiri di rumah dengan sebagian panduan yang sudah disebutkan tadinya. Tetapi, bila vertigo Kamu tidak kunjung reda ataupun kerap kambuh, hendaknya memeriksakan diri ke dokter buat memperoleh pengecekan serta penindakan yang pas.

Leave a Reply