July 24, 2021 By joptwins.com 0

Kartu Rapor Pendidikan

Satu kata yang meneror di benak anak-anak sekolah adalah rapor. Sepertinya Hari-H telah tiba ketika langit akan runtuh dan semua neraka akan pecah. Teguran terus-menerus dari orang tua yang mungkin akan mengingatkan Anda selama sisa tahun ini bagaimana Anda harus mengejar nilai yang tertinggal jika Anda harus lulus dan bagaimana mereka ingin Anda berprestasi lebih baik di sekolah daripada gadis tetangga mulai bergema di telinga Anda bahkan sebelum hari H tiba.

Ironisnya, guru juga tidak terlalu menyukai hari rapor. Ini seperti tenggat waktu yang menunggu mereka. Hari dimana mereka harus menyelesaikan semua perhitungan dan penilaian! Mereka juga perlu memasukkan rincian di setiap rapor siswa dan kemudian menulis komentar untuk semua siswa. Itu pasti bisa menjadi tugas besar.

Namun hari ini, ada paket perangkat lunak yang tersedia yang membantu dalam pembuatan cetak sampul raport. Jika sekolah tempat Anda bekerja tidak menyediakannya, Anda disarankan untuk membelinya sendiri. Jumlah waktu ekstra yang mungkin Anda temukan di tangan Anda mungkin sangat berharga. Perangkat lunak ini mengharuskan Anda untuk memasukkan informasi mentah dan kemudian akan menghitung semua rata-rata, persentil, dan ukuran apa pun yang Anda inginkan.

Di sisi lain harus ada upaya dari guru, siswa dan orang tua secara bersama-sama untuk mencoba dan tidak menjadikan hari rapor sebagai teror. Ini adalah hari ketika Anda harus mengevaluasi kemajuan anak Anda dan memahami di mana peran Anda dimulai dalam proses perkembangan. Memburu anak-anak Anda tentang kinerja mereka tidak akan membawa Anda ke mana pun. Nilainya tidak akan menjadi bagus secara tiba-tiba dan kapasitas mental anak Anda tidak akan meningkat dengan mengomel.

Sebaliknya, Anda perlu memahami bahwa ada orang yang berbeda dan menemukan orang seperti apa anak Anda akan banyak membantu Anda. Coba dan cari tahu apa yang paling menarik minat anak Anda. Mungkin juga anak Anda adalah orang yang cerdas tetapi tidak berorientasi akademis.

Jika Anda merasa bahwa anak Anda sangat berdedikasi untuk belajar dan tulus dalam menyelesaikan pelajaran dan mengerjakan pekerjaan rumah tetapi belum bisa mendapatkan nilai bagus, Anda harus mencari kemungkinan lain. Coba dan lihat apakah berkonsentrasi pada sesuatu untuk waktu yang lama adalah masalahnya. Ketidakmampuan belajar bisa menjadi masalah lain. Masalahnya mungkin sederhana dan mungkin ada hubungannya dengan penglihatan atau kapasitas pendengaran yang lemah. Solusi untuk itu jelas sangat sederhana tetapi Anda mungkin tidak akan pernah dapat menemukannya kecuali Anda mencoba dan melakukan penyelidikan.

Namun, yang paling penting adalah Anda harus berhenti membuat rapor menjadi monster dan mencoba melihatnya dari sudut pandang yang positif.